Rabu, 05 Desember 2012

Tune Up / Service Sepeda Motor: Saringan Udara

Tune Up / Service Sepeda Motor: Saringan Udara

Air Filter / Saringan Udara
Saringan udara, sesuai namanya fungsi komponen luar yang satu ini mungkin jika dilihat sekilas tidak begitu bermakna tapi sesungguhnya ia memiliki peran yang secara tak langsung bermanfaat bagi kelangsungan hidup mesin. Jika diibaratkan tubuh manusia saringan udara mirip dengan bulu hidung, coba anda bayangkan bila di dalam lobang hidung anda tidak ada bulu-bulu, dijamin umur anda tidak akan panjang (paling tidak harus memakai masker setiap hari, hahahahaha).

Nah, seringan udara juga memiliki beragam jenis, tapi pada sepeda motor biasanya ada 2 jenis yakni basah dan kering. Tipe basah saat ini sudah mulai ditinggalkan dan beralih ke tipe kering. Posisi saringan udara sendiri saya rasa tidak perlu saya terangkan karena saya pikir orang awam motorpun tau, tapi bila ada juga yang tidak tau ya sudahlah: saringan udara/air filter itu terpasang pada karburator.
Saringan Udara Tipe Kering
Pembersihan saringan udara tipe kering cukup dengan disemprot udara kompressor atau diketok-ketok ke permukaan lantai hingga debunya bersih. Ingat! Jangan bersihkan saringan udara tipe kering dengan menggunakan minyak atau oli, kebanyakan mekanik bahkan bengkel resmi sering melakukan ini. Jika anda menemukannya segera ingatkan, jangan segan itu hak anda karena itu kendaraan anda.

Sedangkan pada tipe basah menggunakan cairan khusus saringan udara, jangan gunakan cairan berbahan kimia apapun apalagi yang mudah terbakar. Biasanya orang-orang dulu membersihkannya dengan sabun, tapi saya tidak menyarankan hal ini karena kandungan yang terdapat dalam sabun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar